UMKM NAIK KELAS : STRATEGI & APLIKASINYA
Penulis :
Hartono
Totok Priyono
Iwan Irwansyah
Bisma Widyawan
Lila Muliani
Heru Sudinta
Mira Permata Sari
Vigo Satrio
Panji Hendrarso
Endah Fantini
Ridfa Chairani
Degdo Suprayitno
ISBN : …………………………………..
Editor : Dr. Bambang Irawan, M.Si, MM
Penyunting : Munir Saputra, SHI, MA
Desain Sampul dan tata Letak : Rudi Kristanto, SE
Penerbit : LPPM Institut STIAMI
Redaksi :
Jl. Pangkalan Asem No. 55 Jakarta Pusat
Website : https://stiamipress.stiami.ac.id/
Email : [email protected] / [email protected]
Cetakan Pertama, Januari 2024
Hak Cipta dilindungi oleh Undang-undang
Dilarang memperbanyak karya tulis ini dalam bentuk
dan dengan cara apapun tanpa izin tertulis dari penerbit
Usaha Mikro, kecil dan menengah (UMKM) memainkan peran penting dalam perekonomian Indonesia. Sebagai entitas bisnis yang dijalankan oleh individu atau badan usaha dalam skala kecil atau menengah, keberadaan UMKM tidak dapat dilepaskan dari model bisnis yang mendominasi pada masyarakat luas. Pemerintah mengklaim bahwa usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat menengah dan bawah dan merupakan bagian dari sistem ekonomi yang mandiri dan lebih kuat bertahan terhadap resesi. Buku ini hadir dalam upaya menghadirkan konsep dan best practices pelaku UMKM di setiap level untuk bisa berkelanjutan dan naik ke level berikutnya. Semoga bermanfaat.